Cerita Perjalanan Elon Musk

No Comments

Elon Musk, (lahir 28 Juni 1971, Pretoria, Afrika Selatan), pengusaha Amerika kelahiran Afrika Selatan yang mendirikan perusahaan pembayaran elektronik PayPal dan membentuk SpaceX, pembuat kendaraan peluncuran dan pesawat ruang angkasa. Dia juga salah satu investor penting pertama di, serta chief executive officer, the Produsen mobil listrik Tesla.

Cerita Perjalanan Elon Musk

Masa muda

Musk lahir dari ayah Afrika Selatan dan ibu Kanada. Dia menunjukkan bakat awal untuk komputer dan kewirausahaan. Pada usia 12 ia membuat video game dan menjualnya ke majalah komputer. Pada tahun 1988, setelah mendapatkan paspor Kanada sbobet88, Musk meninggalkan Afrika Selatan karena dia tidak mau mendukung apartheid melalui wajib militer dan karena dia mencari peluang ekonomi yang lebih besar yang tersedia di Amerika Serikat.

PayPal dan SpaceX

Musk kuliah di Queen’s University di Kingston, Ontario, dan pada tahun 1992 ia pindah ke University of Pennsylvania, Philadelphia, di mana ia menerima gelar sarjana dalam bidang fisika dan ekonomi pada tahun 1997. Ia mendaftar di sekolah pascasarjana dalam bidang fisika di Stanford University di California, tetapi ia pergi setelah hanya dua hari karena dia merasa bahwa Internet memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk mengubah masyarakat daripada bekerja di bidang fisika. Pada tahun 1995 ia mendirikan Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis untuk surat kabar online. Pada tahun 1999 Zip2 dibeli oleh produsen komputer Compaq seharga $307 juta, dan Musk kemudian mendirikan perusahaan jasa keuangan online, X.com, pragmaticplay  yang kemudian menjadi PayPal, yang mengkhususkan diri dalam mentransfer uang secara online. Lelang online eBay membeli PayPal pada 2002 seharga $1,5 miliar.

Saksikan kesuksesan peluncuran kapsul SpaceX Dragon, 25 Mei 2012

Saksikan kesuksesan peluncuran kapsul SpaceX Dragon, 25 Mei 2012Lihat semua video untuk artikel ini
Musk sudah lama yakin bahwa agar kehidupan dapat bertahan, umat manusia harus menjadi spesies multiplanet. Namun, dia tidak puas dengan biaya besar peluncur roket. Pada tahun 2002 ia mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX) untuk membuat roket yang lebih terjangkau. Dua roket pertamanya adalah Falcon 1 (pertama kali diluncurkan pada 2006) dan Falcon 9 yang lebih besar (pertama kali diluncurkan pada 2010), yang dirancang dengan biaya jauh lebih murah daripada roket pesaing. Roket ketiga, Falcon Heavy (pertama kali diluncurkan pada 2018), dirancang untuk membawa 117.000 pon (53.000 kg) ke orbit, hampir dua kali lipat dari pesaing terbesarnya, Delta IV Heavy dari Perusahaan Boeing, dengan biaya sepertiga. SpaceX telah mengumumkan penerus Falcon 9 dan Falcon Heavy: sistem Super Heavy–Starship. Tahap pertama Super Heavy akan mampu mengangkat 100.000 kg (220.000 pon) ke orbit rendah Bumi.

Payload akan menjadi Starship, pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk menyediakan transportasi cepat antara kota-kota di Bumi dan membangun pangkalan di Bulan dan Mars. SpaceX juga mengembangkan pesawat ruang angkasa Dragon, yang membawa pasokan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dragon dapat membawa sebanyak tujuh astronot, dan memiliki penerbangan berawak yang membawa astronot Doug Hurley dan Robert Behnken ke ISS pada tahun 2020. Slot Terbaru  Penerbangan uji pertama sistem Super Heavy–Starship diluncurkan pada tahun 2020. Selain menjadi CEO SpaceX , Musk juga kepala desainer dalam membangun roket Falcon, Dragon, dan Starship.

Tesla

Musk telah lama tertarik pada kemungkinan mobil listrik, dan pada tahun 2004 ia menjadi salah satu penyandang dana utama Tesla Motors (kemudian berganti nama menjadi Tesla), sebuah perusahaan mobil listrik yang didirikan oleh pengusaha Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Pada tahun 2006 Tesla memperkenalkan mobil pertamanya, Roadster, yang dapat menempuh jarak 245 mil (394 km) dengan sekali pengisian daya. Tidak seperti kebanyakan kendaraan listrik sebelumnya, yang menurut Musk membosankan dan tidak menarik, itu adalah mobil sport yang dapat melaju dari 0 hingga 60 mil (97 km) per jam dalam waktu kurang dari empat detik. Pada tahun 2010 penawaran umum perdana perusahaan mengumpulkan sekitar $226 juta. Dua tahun kemudian Tesla memperkenalkan sedan Model S, yang diakui oleh para kritikus otomotif karena kinerja dan desainnya. Perusahaan mendapat pujian lebih lanjut untuk SUV mewah Model X-nya, yang dipasarkan pada tahun 2015. Model 3, kendaraan yang lebih murah, mulai diproduksi pada tahun 2017 dan menjadi mobil listrik terlaris sepanjang masa.

Categories: Fakta Pembisnis Kaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.